Pilih Karbohidrat Sehat

2009-12-15

Jangan tergiur oleh diet yang tak membolehkan atau hanya boleh sedikit saja mengonsumsi karbohidrat. Kita masih butuh karbohidrat untuk sumber energi dan berfungsinya organ-organ tubuh. Tentu saja kita perlu bijak memilih dan mengonsumsi karbohidrat.
Sumber karbohidrat yang bagus untuk kesehatan adalah biji-bijian utuh, sayur, buah, dan kacang-kacangan karena mengandung vitamin, mineral, serat, dan sejumlah fitonutrisi. Sebaliknya, karbohidrat yang mudah dicerna seperti nasi putih, roti putih, kue-kue dan roti, minuman bersoda manis, dan makanan yang diproses, bisa menyebabkan berat badan naik serta mempercepat datangnya diabetes dan penyakit jantung.
Inilah tip untuk mendapatkan sumber karbohidrat sehat:
Sarapan sehat

Mulailah hari dengan sarapan sehat. Bisa berupa sereal atau oat. Oat adalah sumber karbohidrat yang tak cepat membuat gula darah melambung. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, oat akan membuat Anda kenyang lebih lama. Serat juga membuat kadar kolesterol jadi terkontrol.
Ngemil sehat
Pilihlah camilan dari roti gandum, pisang, atau ubi rebus.
Beralih ke nasi merah
Ganti nasi putih dengan nasi merah. Pilih pasta gandum daripada pasta biasa. Kedua sumber karbohidrat ini mengandung serat cukup tinggi.
Pilih jeruk daripada jus
Daripada jus kemasan, lebih baik makan buah. Jus kemasan mengandung tambahan gula.
Jangan lupa kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah sumber karbohidrat yang lambat dicerna, sehingga menyehatkan tubuh. Juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Kacang kedelai rebus bisa jadi pilihan camilan sehat.


0 comments:

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Best Regards


(Innez Intan Pasha)

My Awards

Sobat mama

Blogroll Sobat

Tukeran Banner

mamaraihand

copy HTML dibawah ini
<div align="center"><a href="http://www.mamaraihand.blogspot.com" target="_blank"><img border="0" alt="mamaraihand" src="http://i672.photobucket.com/albums/vv85/ikansepat3/mamaraihand.gif"/></ a></div>