Dosis Harian yang Wajib untuk Anda

2009-11-10


Memiliki tubuh sehat itu gampang. Anda cukup melakukan hal-hal sederhana berikut ini.
1. Makan satu apel sehari
Kata peribahasa, satu apel sehari menjauhkan kita dari penyakit. Kenapa? Kata peneliti dari University of Nottingham Inggris, orang yang makan apel lima hari seminggu, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan lebih rendah risikonya kena penyakit asma. Rahasia sehatnya ada pada kandungan antioksidan dalam apel, khususnya quecertin, yang mengurangi risiko kanker paru-paru.
2. Jangan lupakan seledri
Seledri digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengatasi hipertensi. Studi di Universitas Chicago, AS menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak kimia dari seledri, turun tekanan darahnya hingga 12 persen. Adalah zat bernama phthalide yang tak hanya merilekskan otot pembuluh darah yang mengatur tekanan darah, tetapi juga mengurangi produksi hormon stres.
3. Kena sinar matahari
Pastikan terkena sinar matahari sebelum pukul 09.00. Menurut penelitian National Cancer Institute AS, orang yang setiap hari kena sinar matahari, lebih terlindungi dari ancaman kanker payudara dan usus. Itu karena vitamin D yang diproduksi tubuh ketika kena sinar matahari.
4. Makan ikan
Terutama ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, juga membuat kita jadi orang yang lebih bahagia. Kok?
Studi di University of Kuopio, Findlandia menemukan bahwa pemakan ikan berisiko lebih rendah kena depresi. Studi di Jepang juga menemukan bahwa orang yang setiap hari makan ikan, cenderung lebih bahagia. Mengapa? Itu karena zat bernama DHA, asam lemak yang ditemukan di otak.
5. Makan bawang putih
Daging yang dibakar, dipanggang, atau digoreng dengan temperatur tinggi sering disebut memproduksi karsinogen, yaitu zat penyebab kanker. Untuk mengusir zat karsinogen, makanlah bawang putih bersama daging. Studi yang dipresentasikan oleh American Association for Cancer Research menemukan bahwa diallyl sulphid (DAS), yaitu fitokimia yang menyebabkan bau tak enak pada bawang putih mungkin menghambat efek karsinogen yang diproduksi ketika makanan kaya protein dimasak dalam temperatur tinggi.
6. Makan oat ketika sarapan
Mengapa? Karena oat kaya akan sumber fitokimia, antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Menurut peneliti dari Tufts University Boston AS, oat mengandung banyak avenanthramides, kelompok fitokimia yang mengurangi jumlah plak dan molekul lemak yang menempel di dinding pembuluh arteri dan mengurangi aliran darah ke jantung.
7. Perkaya otak dengan kata-kata
Ini untuk memperkuat otak Anda. Pelajari kata-kata baru dan gunakan kata atau kalimat baru dalam percakapan harian Anda. Mengapa? Menurut penelitian di University of Kentucky Medical Center, itu merupakan cara mudah untuk mencegah penyakit alzheimer.
Penelitian itu melibatkan sekelompok biarawati. Peneliti menemukan bahwa biarawati yang tetap aktif di usia tua cenderung menggunakan kata-kata tak biasa dan lebih dari dua suku kata. Perbandingannya, para biarawati yang kena alzheimer tetap menjaga kalimat mereka sederhana. Diperkirakan mereka yang tetap aktif secara kognitif mungkin membangun “cadangan” otak yang mengurangi gejala-gejala penyakit alzheimer.

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Best Regards


(Innez Intan Pasha)

My Awards

Sobat mama

Blogroll Sobat

Tukeran Banner

mamaraihand

copy HTML dibawah ini
<div align="center"><a href="http://www.mamaraihand.blogspot.com" target="_blank"><img border="0" alt="mamaraihand" src="http://i672.photobucket.com/albums/vv85/ikansepat3/mamaraihand.gif"/></ a></div>